Suzuki Satria Fu 150

Suzuki Satria Fu 150
Suzuki Satria Fu 150

Kamis, 24 Februari 2011

Cara kerja motor matic dengan CVT

Gigi belakang sepeda, dari kecil ke besar yang bisa diganti. Kalau tanjakan pakai belakang radius gede..
Motor matic biasa memakai CVT atau Continuously Variable Transmission, yang memungkinkan motor bisa bergerak dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi, tanpa memerlukan berpindah-pindah gigi, di mesinnya pun matic tanpa menggunakan gear. Sebetulnya semua motor hampir sama aja dengan prinsip sepeda, kalau sepeda bergigi punya beberapa set gigi depan dengan berbagai radius dan set gigi belakang yang juga mempunyai beberapa radius.
Pada matic pun prinsipnya kurang lebih sama! yaitu crankcase, mesin (tempat genjotan) muterin roda, yang dihubungkan dengan sebuah rantai.
Pada motor matic ada 3 benda: 2 roda, satu roda drive pulley di bagian depan yang nyambung ke mesin (crankcase) dan roda belakang driven pulley (pulley yang di drive) yang satu as dengan roda belakang. Kedua roda tersebut dihubungkan sesuatu, CVT belt/V-belt atau rantai, yang berarti harus terjaga tingkat elasitasnya.
Saat “low gear” atau saat baru berjalan, radius drive pulley kecil, sedangkan driven pulley besar. Sementara saat “high gear” adalah kebalikannya, radius drive pulley jadi membesar, driven pulley jadi mengecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar