Suzuki Satria Fu 150

Suzuki Satria Fu 150
Suzuki Satria Fu 150

Senin, 30 April 2012

problem-problem yang biasa ditemui di fu kita


1. Motor baru biasanya nembak2 suara knalpot pada saat lepas gas.
Solusinya : Biasanya ganti Pilot Jet yang lebih besar ukuran kisaran 17,5 bisa pakai punya shogun atau 22 bisa pakai Kitaco walau ukurannya bukan sebenarnya. Konsumsi bensin pasti agak2 sedikit nyedot degh. Atau bisa juga dari faktor baut knalpot yg di blok kendor atau bocor.
2. Suara mesin cek..cek..cek..(yah kira2 begitu deh suaranya) pada saat dingin dan setelah mesin panas suaranya hilang. Itu tanda dari baut penonjok tensioner haus atau pernya lemah.
Solusinya : Ganti baru dengan harga yg cukup mahal 100rb lebih, atau bisa diakali dengan beli punya Suzuki smash kira2 50rb trus tambah daging ke tukang bubut. dipasang lg hasilnya setelah 2 thn gak ada masalah sampai karang.
3. Suara rantai dan gir klotok - klotok.
Solusinya : Itu tanda stelan rantai terlalu keras, so.. tinggal distel ulang jangan terlalu kendor jangan terlalu keras yang sedang2 saja dirasa pake jari ketegangan rantainya.
4. Pasang karbu Keihin PE 28mm ( Karbu SP)
Solusinya : Ganti kabel gasdan disesuaikan panjangnya bisa juga pakai originalnya tapi harus dipotong dan di solder ujungnya agar pas. Jangan pakai spuyer aslinya ganti disesuaikan dengan kondisi motor, semisal bisa pakai pj/mj 17,5/120 atau 17,5/115 (kondisi standar). Herannya malah jauh lebih hemat bensinnya, logikanya kita buka gas sedikit saja sudah ngacir. Trus diusahakan untuk mencopot kran bensin vakum ganti dengan kran bensin manual bisa pakai punya kitaco atau merk lainnya, untuk mencegah kalau2 sampe banjir bisa langsung ditutup aliran bensinnya dan bisa mempercepat aliran bensin ke karbu.
5. Suara gledek - gledek di sekitar bagian ban depan
Solusinya : Itu tanda - tanda bahwa laher roda depan sudah minta diganti atau komstir sudah minta jajan. Cara deteksi bisa dengan jalan perlahan, motor posisinya tidak bisa diam kayak orang mabok jalannya (agak kekiri dan kekanan)
6. Meningkatkan Performa, step - stepnya :
  • Ganti Pilot Jet dan Main Jet (kalo bisa original karena ukurannya pas), kalo mau murah merian coba beli spuyer mobil kijang lama harga kisaran 3rb - 5rb
  • Ganti Karburator bisa SP PE28(Recomended), PE26 Punya Ninja, RX-King (Recomended), Keihin PWM28 Vacuum kalo gak salah, Keihin PWK28 dll, tergantung minat dan kantong :)
  • Ganti knalpot berikut silincernya, bisa pake model freeflow seperti Endurance, Yoshimura Titan, DBS, NMF - Keterangan stainless(recomended for circuit use) atau carbon(recomended for street only)
  • Ganti CDI non limiter bisa pakai Lek Step 1 kisaran 1jt, Lek Step 2 kisaran 1,7jt, Shindengen kisaran 800rb, Shindengen E8 kisaran 1,8jt, Mr. Ya kisaran 4jt, BRT (Biasa, Hyperband, Dualband, Click) kisaran 650 - 900rb, XP kisaran 700rb, Rextor kisaran 800rb
  • Ganti Koil racing bisa pakai Blue Thunder I kisaran 125rb atau Blue Thunder II kisaran 200rb-an, Nology Hotwire kisaran 1,5jt, YZ 250 kisaran 750rb
  • Porting Polish Headnya biaya kisaran 100rb per-1 lobang (Perkiraan)
  • Paking head ke blok yang besi di copot 2 karena dia ada 3 lapis bisa meningkatkan akselerasi dan kompresi naik (tidak usah takut mentok soalnya pernah coba J )
  • Tutup lobang katalis dgn membuat paking dr besi atau besi babet sesuai dengan bentuknya.Dan lobang di bawahnya ditutup dengan baut topi ukuran 8 dengan drat 10. atau bisa di tap dan disumpel baut 10
  • Ganti gir depan dan belakang sesuai dengan setingan motor
  • Ganti ban kecil depan belakang (not recomended) , resiko kalo hujan daya cengkram ban ke aspal sedikit, dan kalo belok kecepatan tinggi resiko traksi hilang dari aspal. (Recomended) ban ukuran dpn 80/90/17, blkng 90/90/17, cari soft compound. Kalau mau lebih gagah belakang ganti 110/80/17 depan 90/80/17 (Motor agak lebih berat larinya)
  • Lampu kurang terang bisa ganti dengan bohlam Halogen apa saja atau bisa pakai Philips 35/35/12w, atau mungkin bisa pake HID khusus motor (dapat beresiko merusak reflektor / mika lampu untuk jangka panjang)
  • Klakson kurang kencang bisa ganti yg stereo(double) dengan ditambahkan relay mobil, harga bisa bervariatif
  • Piston bore up bisa pakai scorpio dengan crankcase di bubut juga, FXR atau bisa pakai piston Suzuki Swift, Yang pasti cc naik dan akselerasi tambah yahud. Biaya dr 900rb - ?? tergantung minat. Resiko semakin besar cc dibawa hariannya makin tidak enak gak bisa pelan, karena stroke naik dari standarnya
  • Camshaft dibubut sesuai dengan settingan yang diinginkan
  • Ganti per kopling merk bermacam - macam Ispiro, R9, TDR, Motor Honda Sonic 125, dll
  • Ganti per Klep (Not Recomended) karena banyak yg kejadian patah dan membuat klep bengkok atau bisa patah, makan biaya lagi tuh
  • Naikkan derajat pengapian(Not Recomended) resiko Klep menghajar Piston
  • Suara Rem blakang serasa membawa tikus di ban nyit nyit nyit, tanda kanvas rem kotor, buka dan bersihkan dan diamplas sedikit atau stelan rantai kiri dan kanan di arm tidak pas, coba untuk menyetel ulang stelan rantainya
  • Bensin pakai pertamax plus, bisa menambah performa dan menghemat karena pembakaran lumayan sempurna. Atau pakai pertamax, diusahakan jangan sering mengganti2 bahan bakar karena menyebabkan kerak di ruang pembakaran
  • Oli pakai yang semi sintetic yang khusus buat 4 stroke (4 Tak) jangan yang terlalu encer seperti 5w/50 walau di manual booknya bisa maksimal sampai kenceran segitu. Minimal 10w/40.
  • Rajin - rajinlah melumasi kabel gas dan kopling terutama, untuk membersihkannya bisa menggunakan minyak tanah, bensin, STP Carb atau WD40 dimasukkan dr ujung yang satu sambil dikocok - kocok kabelnya, ini untuk membersihkan kotoran lama sampai cairan yg keluar tidak hitam lagi, baru di semprot dengan pelumas bisa seperti WD40, cairan Teflon/Silicon, Minyak Singer, Atau Oli mesin
  • Rajin membersihkan Karburator menggunakan bensin jangan pakai deterjen J. Kalo gak mau susah-susah buka karburator bisa dengan menyemprotkan cairan pembersih karburator seperti STP Carb, Carb Jet dari lobang isap karbunya, dengan kondisi motor menyala dan rpm ditahan kisaran 4rb - 5rb sambil dibleyer. Nanti pasti knalpot akan mengeluarkan asap putih atau hitam bleyer terus saja sampai asapnya hilang atau tipis. Diusahakan jangan sampai cairan tersebut bersisa di dalam ruang bakar.
  • Bisa mencampur bahan bakar dengan Octan Booster, bisa berupa cairan atau pil untuk meningkatkan oktan bensin dengan takaran yang tepat tentunya sesuai dengan petunjuk
7. Sesekali dapat memasukkan cairan fuel treatment untuk membersihkan tangki bensin dari campuran air (apabila memang ada air), dan kuras karburator bisa dengan membuka karburator atau denga n mengendorkan baut paling bawah di karburator menggunakan obeng minus
8. Aki tekor apabila tegangannya sudah dibawah 12,3 volt, harus dicharge ulang. Aki kering harus menggunakan alat charge untuk aki kering tidak bisa menggunakan charge untuk aki basah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar